Daftar Blog Saya

Rabu, 13 Juli 2016

Dusun Lemahbang Mangunan Dlingo, Bantul

Dusun Lemahbang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lemahbang merupakan desa wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan apalagi didukung oleh masyarakat yang mempunyai potensi dalam bidang kesenian, kebudayaan, dan kerajinan. Secara geografis Dusun Lemahbang merupakan daerah lereng perbukitan dengan beberapa jenis tanah, yaitu tanah berbatu, tanah merah cadas, dan tanah hitam berbatu. Dusun Lemahbang berbatasan dengan dusun Kediwung di sebelah selatan, Dusun Kanigoro di sebelah barat, Dusun Sukorame di sebelah utara, dan Desa Muntuk di sebelah timur. Di lokasi yang berbatu terdapat beberapa gua kecil (Gua Longan, Gua Kembang, dan Gua Menek) dan 1 (satu) goa besar dengan panjang 300 meter yang dikenal dengan nama Gua Gajah. Gua ini diamakan gua gajah karena di dalam gua terdapat sebuah batu yang menyerupai seekor gajah. Lemahbang memiliki luas wilayah 104,3250 ha. Jenis tanah di Lemahbang terdiri dari 3 jenis tanah dengan luas tanah lebih kurang tanah pekarangan 30 ha, tegal 54 ha, dan sawah 20 ha. Dusun Lemahbang dihuni oleh 207 kepala keluarga. Jumlah masing-masing kepala keluarga berbeda tiap RT. RT 25 terdiri dari 58 kepala keluarga, RT 26 terdiri dari 41 kepala keluarga, RT 27 terdiri dari 43 kepala keluarga, dan RT 28 terdiri dari 65 kepala keluarga. Mata pencaharian didominasi oleh petani, kemudian disusul oleh tukang kayu, kerajinan rangka keris, kerajinan anyaman bambu, dan lain-lain. Tanaman yag ditanam oleh para petani beraneka ragam, antara lain tanaman padi, jagung, palawija, kacang, dan kedelai. Pelaksanaan pembangunan Dusun Lemahbang dibantu oleh lembaga KK LPMD, RT, PKK, dan Karang Taruna, dan Dasa Wisma. Sarana prasarana seperti jalan raya, jalan cor blok, dll didukung oleh swadaya dari masyarakat sendiri secara gotong royong. Terdapat beberapa kelompok masyarakat di Dusun Lemahbang, antara lain kelompok tani, kelompok ternak kambing, kelompok ternak menthok, dan kelompok petani jahe. Kegiaatan kesenian yang ada di Lemahbang antara lain ketoprak, karawitan, tari gambyong, reog, campur sari, dan gejug lesung. Kesenian tersebut dipentaskan setiap tahun sesuai kemampuan masyarakat dan kemampuan anggota kesenian swadaya. Kerajinan yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar