Daftar Blog Saya

Rabu, 13 Juli 2016

Wisata Goa Gajah dan TWM di Bantul yang Indah

Wisata Gua Gajah - Gajah merupakan hewan besar yang mempunya hidung panjang kuping besar dan punya gading. Tapi kalau kalau Gua Gajah apakah berhidung panjang berkuping besar atau bergading? Tentu tidak lah sob hehehe.. Gua Gajah adalah goa yang terbentuk secara alami dengan posisi horizontal dengan kedalaman kurang lebih 200 m dan mempunyai panjang sekitar 50 m.

Kondisi di dalam masih sangat alami sob dengan stalaktit dan stalakmit yang cukup indah terdapat di sepanjang gua. Di dalam goa pun untuk sementara belum ada penerangannya sob jadi masih gelap gulita, tapi kalau masuk nanti oleh penjaga obyek wisatanya akan di pinjami lampu senter kok  sob.










Asal mula penamaan Goa Gajah sendiri berasal dari gumpalan batu yang mirip dengan seekor gajah yang berada di dalam gua. Tempat ini masih sepi pengunjung, kalau di hari efektif mungkin karena masih belum terekpos jadi masih belum banyak pengunjungnya, tapi malah asyik sob, sobat bisa menikmati keindahannya secara damai tanpa ada gangguan suara rebut pengunjung yang lain, kalau sobat suka tantangan sih sobat bisa mencoba menelusuri sendiri di dalam Gua Gajah ini.

Selain keindahannya goanya sobat juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam bukit melalaui gardu pandang yang sudah disiapkan oleh pengelola Gua Gajah, tapi kalau mau pemandangan yang masih hijau sobat datang saja pas setelah musim  penghujan selesai, dijamin akan kelihatan indahnya.

Setelah puas menjelajahi Goa Gajah sobat bisa melanjutkan ke TWM nya sob, Tebing Watu Mabur satu area dengan Goa Gajah, sobat tinggal jalan kaki saja sekitar 500 m dari Gua Gajah untuk menikmati pemandangan perbukitan Seribu ke arah timur, kata pengelola sih pemandangan paling bagus ketika matahari terbit tapi kemarin mimin kesana kesiangan jadi tidak bisa melihatnya sob, kalau sobat tidak mau kesiangan seperti mimin sih sobat bisa juga Camping di sekitaran TWM dengan ijin pengelola tentunya he he he..  Pasti akan lebih seru dan menarik.

Lokasi Gua Gajah dan TWM (Tebing Watu Mabur) berada di Lemahbang, Mangunan, Dlingo, sekitar 21 km arah tenggara Kabupaten Bantul. Untuk bisa mengakses ke Gua Gajah dan TWM (Tebing Watu Mabur) harus pakai kendaraan pribadi sob, soalnya belum ada angkot atau angkudes yang menuju ke tempat wisata tersebut.

Ada 2 rute untuk bisa menuju ke sana yaitu melalui jalur Pathuk - Dlingo dan Imogiri Dlingo, tapi karena tempat mimin berada di sebelah barat, jadi mimin rekomendasikan lewat jalur Imogiri - Dlingo sob karena lebih mudah, sobat langsung saja menuju ke arah makam-makan raja-raja di Imogiri kemudian belok kiri ketika ada palang ke arah Mangunan sobat tinggal mengikuti plang yang sudah ada di sepanjang jalan menuju Gua Gajah. Untuk retribusi masuknya sekitar 2000an untuk 1 orang dan parkir  kendaraan ditarif 2000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar